Victor Wooten |
Bungsu dari lima bersaudara, ia diajarkan oleh Regi kakaknya untuk bermain bass pada usia tiga tahun, dan pada usia lima Victor bisa memegang garis sederhana dan bermain bass pertunjukan. The Wooten Brothers Band (Regi, Rudy, Roy, Yusuf dan Victor) bermain selama bertahun-tahun pada 1970-an sekitar Williamsburg, Virginia di Busch Gardens tema taman, serta membuka diri bagi Curtis Mayfield dan Perang. Setelah pindah ke Nashville, Tennessee pada tahun 1988 Victor langsung direkrut oleh penyanyi blues dan jiwa Jonell Mosser. Setahun kemudian ia disewa oleh maestro banjo Béla Fleck, bersama dengan keyboardist dan pemain harmonika Howard Levy dan saudara Victor Roy Wooten (alias Masa Depan Manusia).Kelompok mereka, Béla Fleck dan Flecktones, pertama menjadi terkenal dengan memainkan campuran musik jazz, funk, dan bluegrass, kemudian menjadi salah satu yang paling bebas mengayunkan Gaya band dari era modern. (Levy akhirnya meninggalkan grup dan digantikan oleh pemain saksofon dan terompet Jeff Coffin.)
Wooten juga menjadi anggota dari beberapa fusi dan supergroup progresif, termasuk Bass ekstrem (dengan Steve Bailey, Derico Watson dan Oteil Burbridge), yang Vital Tech Tones (dengan Scott Henderson dan Steve Smith), yang indian band jazz fusion Prasanna, dan "Ekstraksi" trio (bersama Greg Howe dan Dennis Chambers). Victor juga telah tur dengan band-band lain termasuk Dave Matthews Band. Dia sedang tur dengan grup solo, dan masih dengan Béla Fleck dan Flecktones.
Evolusi standar yang lebih tinggi di gitar bass listrik metode konstruksi, seperti tindakan yang lebih rendah (jarak dari string ke leher) lebih mirip dengan yang enam-string gitar listrik, boleh Wooten untuk mengembangkan banyak teknik baru yang meraba dasarnya belum ditemukan sebelum waktunya. Sebagai seorang anak, kakaknya Regi Victor Wooten membantu mengembangkan teknik membolak-ganda sebagai cara untuk lebih akurat mereproduksi basslines hebat tersebut sebagai Larry Graham. Teknik ini, yang telah secara independen dimanfaatkan oleh bassists lain (terutama Marcus Miller) menggunakan jempol untuk menyerang kedua ke bawah dan ke atas pada sebuah string dalam cara yang mirip dengan memetik gitar.Victor juga terkenal karena Stanley Jordan-dua tangan seperti penyadapan dan merek dagang terbuka-palu-teknik memetik.
Wooten yang paling sering terlihat bermain Fodera Basses, yang dia memiliki model tanda tangan. Yang paling terkenal Fodera, Monarch Deluxe 1983 yang disebutnya sebagai "nomor 1", olahraga yang Kahler 2400 tremolo model Sistem jembatan. Fodera's "Yin Yang" Basses (dirancang / dibuat untuk Wooten) memasukkan simbol Yin Yang - yang Wooten sering digunakan dalam berbagai media - sebagai titik fokus utama atas desain dan konstruksi. Hal ini sering keliru berpikir bahwa simbol Yin Yang dicat ke bass, tetapi dalam kenyataannya, simbol diciptakan dari dua potong kayu secara alami selesai (Ebony dan Holly, misalnya), mulus dipasang bersama-sama untuk menciptakan pola Yin-Yang .
Meskipun Wooten yang indah dan mengesankan Basses menerima banyak perhatian, yang paling sering dan konsisten respon ketika ditanya oleh para penggemarnya mengenai bass yang terbaik, dll ..., adalah bahwa "bass tidak membuat musik ... Anda lakukan". Dia akan sering pergi ke menyatakan bahwa fitur yang paling penting untuk dicari di sebuah bass adalah kenyamanan dari pemutaran. Hal ini tampaknya berkaitan erat dengan kebenaran mendasar lain tentang Wooten's menyatakan pendekatan, dan pengalaman bass dan musik pada umumnya, yaitu bahwa musik adalah bahasa. Menurut Wooten, ketika berbicara atau mendengarkan, kita tidak berfokus pada mulut seperti yang membentuk kata-kata; sama, ketika seorang musisi adalah bermain atau melakukan, fokus tidak boleh pada instrumen.
Sumber : Hezky Blog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar