Current Time

Kamis, 13 Januari 2011

Tenik Dasar Elektrik Gitar 'Part 2'

6. Bending
Tehnik dengan cara membunyikan not dengan cara menekan dan menarik senar gitar ke arah atas atau ke arah bawah papan fret sehingga terdengar nada mengayun. Tehnik ini diperlukan keseriusan berlatih, karena bukan cuma sekedar menarik senar saja, tapi juga menempatkan bunyi bendingnya sesuai dengan nada bending yang dituju dengan tepat agar tidak menghasilkan nada yang fals, misalnya di bending 1/2 nada, 1 nada atau 1 1/2 nada. Dilambangkan dengan "B"
Terbagi empat, yaitu :
a. Bending On     : Nada hidup
b. Bending Off    : Nada mati
c. Bending Up     : Nada naik
d. Bending Down : Nada turun

7. Vibrato 
Tehnik menyembunyikan not dengan cara menekan ke arah atas dan ke bawah dalam tempo teratur sehingga menghasilkan nada berayun yang juga teratur, dilambangkan dengan "~".
Tehnik ini lebih ditempatkan pada not-not yang panjang.

8. Trill
Tehnik gabungan downstroke dan upstroke yang dimainkan dalam tempo yang teratur dan cepat untuk mengiring nada dengan interval yang lambat.

9. Harmonik
Tehnik membunyikan not dengan hanya menyentuh senar tepat pada besi sebelah kanan tanpa ada tekanan sedikitpun.
Terbagi dua, yaitu :
a. Left Hand Harmonic :
Harmonic dengan tangan kiri pada senar dalam keadaan los atau tidak ditekan satupun.
Bunyinya akan maksimal ketika digunakan pada fret-fret yang ada tanda titiknya.
b. Right Hand Harmonic :
Harmonic dengan tangan kanan, dimana tangan kiri terlebih dahulu menekan nada yang akan diharmonik. Sama dengan left hand harmonic, tangan kanan disini juga tidak menekan senar, akan tetapi cukup menyentuhnya atau malah memukul senar saja.

10. Tapping
Tehnik menyembunyikan not dengan cara menekan senar dengan jari kiri ditambah dengan gerakan menekan senar oleh jari tangan kanan pada fret yang berbeda, atau sebaliknya. Tapping biasanya dipadukan dengan tehnik lainya, seperti pulling, hammer, slide, bending, dan sebagainya.


Nah, dari ke-sepuluh tehnik yang udah ane kasih tentu harus dilatih dengan semaksimal mungkin, Tujuanya jelas untuk menuju kesempurnaan sebuah lead itu sendiri. Semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar