Current Time

Minggu, 15 Mei 2011

Tips Untuk Bassist

Feel The BassLine


Bassist itu PERSONIL dalam 1 band

Jangan sekali2 menampilkan ego lo di panggung, that's a BIG NO! , bassist adalah "leader in the background" dia yg megang kendali lagu yang dibawain band, Kalo lo pernah denger orang manggung di suatu tempat, kalo bassistnya kliatan egois... wah bisa dijamin itu lagi GAK bakal enak di denger. Hal ini juga mencakup balance dari sound bass lo juga, jangan mentang2 jago, lo pengen skill lo kliatan trus digedein dah amp nya, wah kacaw kalo gitu.... jangan jangan... kata engkong itu berbahaya.
Tapi di sisi lain jangan juga lo merasa "minder" misalnya lo kalah jago ama gitaris lo, jangan juga merasa perlu memberikan "tempat lebih" yang daripada semestinya buat dia, gitaris itu temen lo, jangan merasa terintimidasi juga.

Musik adalah Komunikasi

Yep, dalemin jiwa dari satu lagu bukan cuma kerjaan vokalis. Bassist juga musti!!! Lo mengerti emosi yang mo disampein itu lagu dan lo 'bertugas' untuk menyampaikan emosi tsb ke penonton, lewat permainan bass lo (ngerti kan maksud gwa? jangan maen kek zombi!)

Drummer is Your Best Friend

Bukannya mengecilkan arti personil band lainnya, tapi jangkar dari satu komposisi musik (terutama musik sekarang) itu terletak di perkusi dan bass, lo berdua yang bentuk lagu. Selaraskan permainan lo ama permainan drummer lo. Saling bermesraan lah... (tapi jangan lupa norma agama,... jadi jangan bertindak terlalu jauh ya nak )

Latih Kuping

Kalo perlu, jadi backing vocal sekalian!! Paling nggak, gak usah pas di panggung pake mic, pas saat latihan aja, maksudnya... biar suara lo gak fals dan lo terlatih mendengar nada2... dan percaya deh itu akan mengimprove permainan bass lo. Pemain instrument dengan suara fals (gak pas antara pikiran dengan mulut) biasanya susah berkembang permainannya.
Kalo bisa sih sampe di taraf lo bisa nebak satu nada dengan bener cuman lewat pendengaran. Jadi intinya, latihlah kuping lo untuk mendengar musik.

Skills is NOT everything

Apa yg membuat John Myung, Jaco Pastorious, Billy Sheehan atau Nathan East itu bassist keren? Karena Skill? Mungkin! Tapi bagi gw... mereka keren karena musik udah menyatu ama mereka. Skills, Feel, Touch, Sound everything combines man!

Semoga tips ini bisa membantu, kalo ada pertanyaan lagi jangan ragu untuk reply ini thread, I'll be glad to help


Artikel ini gue ambil dar agan Yogi di musisi.com. berguna banget gan :D

Sumber : Thread Agan Yogi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar