Current Time

Rabu, 16 November 2011

Mengenal Chord (by Alex Kuple)

Alex Kuple (Instruktur Bass)

“Tak kenal maka tak mahir” (Mengenal Chord)

Tak kenal maka tak sayang, begitu kata pepatah yang udah terbukti deh kebenarannya. Tapi buat pemusik, pepatah itu diubah dikit jadi “Tak kenal maka tak mahir”. Penjelasannya gini nih, kita sebagai pemusik kalo nggak kenal ama alat musik yang kita mainkan dijamin kagak bakalan bisa main dengan benar, iya kan? Demikian juga kalo kita nggak kenal dengan teori-teori atau teknik-teknik bermain bass, tentu kita nggak bisa canggih kan main bassnya? Gimana mau mahir kalo dasar-dasar permainan bass aja kita nggak menguasai. Ibaratnya anak bayi langsung maunya lari atawa lompat, padahal merangkak aja belum bener. Emang bayi ajaib?

Istilah Chord
Kali ini saya mau memperkenalkan istilah chord, yang sering dalam bahasa Indonesia disebut juga grip, kord,  atau kunci. Kalian tahu kan yang disebut orang sebagai A minor, C mayor, G7, dan sebagainya. Itulah yang disebut chord. Sebenarnya secara teori musik istilah kunci kurang tepat untuk menyebut chord, karena kunci lebih sesuai untuk menyebutkan nada dasar dari sebuah tangga nada mayor (major scale). Ini akan saya jelaskan lebih lengkap nanti pada edisi-edisi berikut. Sekarang kita fokus saja pada chord. Chord merupakan gabungan dari beberapa not yang apabila dimainkan bersamaan berbunyi harmonis. Lagu-lagu modern bersyarat mutlak harus didasari oleh chord dalam aransemennya. Sehingga semua alat musik kecuali drum akan memainkan pergerakan chord yang sama dalam sebuah lagu. Misalnya ada lagu yang pergerakan (progresi) chord-nya seperti ini:
/C , , , /Aminor , , , /Dminor , , , /G , , , / dan seterusnya. Maka baik pemain gitar, bass, dan keyboard akan memainkan chrod-chord yang seragam. Kalau ada instrumen yang nyeleneh, misal dia memainkan chord Cminor padahal instrumen yang lain memainkan chord C mayor maka akan terdengar tidak harmonis alias jaka sembung nggak nyambung!

Chord Untuk Pemain Bass
Sebagai pemain bass, kita tidak akan memainkan semua not yang ada pada sebuah chord secara berbarengan, nanti akan terdengar gambreng dan gubrak.. Oleh karena itu sebagai bassist kita wajib dan kudu paham isi dari setiap chord sehingga variasi walking bass kita menjadi harmonis. Lesson ini saya asumsikan kalian semua udah belajar tentang tangga nada mayor (major scale) sebelumnya, kalo belum tanya guru masing-masing. Untuk awalnya, mari kita kenalan sama 4 chord dasar yang menjadi dasar dari beragam chord selanjutnya. (Alex Kuple)

Latihan Chord pada progresi I-VI-II-V
 












Sumber : Mas Alex Kuple (Instruktur Bass LPM Chic's)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar